Angka Main – Air Asia Bantah Berikan Hadiah Pesawat

Angka Main – AirAsia barusan ditinggal Tony Fernandes. Pria asal Malaysia ini melepas jabatan direktur eksekutif di maskapai Negeri Jiran itu.

Pengunduran diri ini berkaitan kontrol otoritas Inggris pada masalah jual-beli pesawat Airbus.

Dalam pengakuan tercatat perusahaan ke bursa saham Malaysia yang diambil dari Financial Times, Selasa (4/1/2020), AirAsia mengatakan Tony Fernandes serta Kamarudin Meranun akan melepas tempatnya sesaat, sepanjang dua bulan atau lebih.

Pengumuman itu berimbas jelek pada saham maskapai berwarna merah itu. Saham AirAsia tertera turun sampai 7,81% di perdagangan Bursa Kuala Lumpur (KL) seputar jam 12.20 waktu ditempat atau seputar jam 11.20 WIB.

Awal minggu ini, pada perdagangan Senin saham maskapai yang bertempat di KL itu juga jatuh 10% memberi respon diterbitkannya perincian penyidikan berkaitan suap Airbus oleh UK’s Serious Fraud Office.

Ada sangkaan suap US$ 50 juta dari Airbus untuk club olahraga yang dipunyai dua eksekutif yang tidak disebut namanya. Ini selanjutnya dibantah oleh AiAsia.

Tony Fernandes, didapati beli AirAsia dari pemerintah Malaysia pada harga kurang dari US$ 1 pada 2001 serta membuatnya jadi salah satunya maskapai paling besar dunia.

Dia serta Kamarudin adalah penggemar olahraga serta pernah mempunyai team balap Formula 1 Caterham yang sekarang tidak ada tetapi memperoleh sponsor dari Airbus. Tony serta Kamarudin tertera jadi pemilik sebagian besar club sepakbola London Queens Park Rangers.

Komisi Anti Korupsi Malaysia menjelaskan dalam satu pengakuan jika tengah bekerjasama dengan faksi berkuasa di Inggris yang menyelidik dakwaan itu.

Investigator Inggris menjelaskan, AirAsia serta AirAsia X pesan 406 pesawat Airbus di antara 2005 serta 2014. Jadi pengambil ketetapan penting di AirAsia serta AirAsia X, mereka disangka dikasih hadiah dengan pesanan 180 pesawat dari Airbus.

AirAsia menjelaskan sponsor Airbus ke team olahraga adalah hal yang lumrah serta proses sponsorship ini telah lewat penilaian internal yang lumrah. Maskapai Malaysia menampik memberi komentar jati diri eksekutif yang disebut dalam penyidikan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s