Gaji Kecil dan Kerap Diancam, Lebih Enak Jadi Pengusaha

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengaku, lebih memilih menjadi pengusaha ketimbang menduduki jabatannya saat ini. Apalagi gajinya sebagai menteri hanya Rp. 19 juta per bulan.

“Kalau menteri, gajinya hanya Rp 19 juta. Padahal kebijakan yang kami ambil, jauh lebih besar dibanding perusahaan swasta dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN),” kata Erick di Jakarta, Jumat (17/1).

Menurut dia, kontribusi pengusaha dan menteri BUMN terhadap masyarakat sama saja. Di satu sisi, ia merasa lebih bebas saat menjadi seorang pengusaha.

Adapun Erick merupakan pendiri Mahaka Group. Perusahaan itu memiliki beberapa anak usaha yang bergerak di bidang media bisnis media dan hiburan (Entertainment) seperti Gen FM & Jak FM, Jak TV, Mahaka Advertising, Harian Republika, Golf Digest hingga Rajakarcis.com

Erick juga membeli 70% saham klub sepak bola Italia yang berlaga di seri A yakni F.C. Internazionale Milano (Inter Milan) pada November 2013. Ia pernah dipercaya sebagai Presiden Klub ke 21 dalam 106 tahun sejarah Klub tersebut.

“Cuma memang yang membedakan (dengan pengusaha), ada kebijakan yang lebih besar dan berdampak (imoactful) kepada masyarakat,” kata Erick Thohir.

Erick juga mengaku, dirinya mendapat ancaman selama menjabat sebagai Menteri BUMN. Namun, ia enggan memerinci ancaman yang dimaksud maupun pengancamnya.

Ia hanya menjelaskan bahwa ancaman meningkat ketika dirinya berusaha menyelesaikan persoalan di Asuransi JIwasray dan Asabri.”Itu (ancaman) makanan sehari – hari, apalagi ada Jiwasraya dan Asabri,” kata dia.

Erick menilai, BUMN harus mampu berperan dalam hal ketahanan pangan dan energi hingga kesehatan. Dengan begitu, semua masyarakat merasakan manfaat dari setiap rupiah uang negara yang dibelanjakan.

Apalagi, total belanja modal (capital expenditure/capex) BUMN mencapai Rp. 2400 triliun. Jumlah itu lebih besar dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang senilai Rp. 2200 triliun.

Secara keseluruhan, Erick menegaskan dirinya bakal terus menjalankan tugas sebagai Menteri BUMN. Apalagi, jabatan itu sudah diamanatkan langsung oleh Presiden Jokowi kepada dirinya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s